Selasa, 01 Oktober 2013

NKI. 7 Besarlah setiaMu

NKI. 7 Besarlah setiaMu

Besar setiaMu Tuhan Bapaku

Besarlah kasihmu berlimpahlah

Tiada kurang dan tidak berubah

Sempurna dan tetap selamanya

 

Koor :

Besar setiaMu, besar setiaMu

Saban pagi Nampak rahmat baru

S’gala yang ku perlu Tuhan sediakan

Besar setiaMu kepadaku

 

Matahari serta bintang dan bulan

Yang beredar serta puji Tuhan

Musim tuaian dengan seg’nap makhluk

Saksikan kasih dan setiaMu

 

Dosa di ampuni tetap sentosa

hadiratMu yang b’ri penghiburan

kekuatan dan pengharapan tiap masa

berkat besar dengan kelimpahan

 

Lagu ini adalah buah buah dari orang yang setia dengan iman yang sederhana dan bukan berlatar belakangkan cerita tragis. Thomas Chisholm , yang terkadang menggambarkan dirinya sebagai " hanya sebuah sepatu tua , " lahir di log kabin Kentucky pada tahun 1866 . Ia bertobat ketika dia 27 , menjadi seorang pendeta pada 36 , tetapi harus pensiun satu tahun kemudian karena kesehatannya yang memburuk . Ia menghabiskan sebagian besar sisa hidupnya sebagai agen asuransi jiwa di New Jersey . Dia meninggal pada tahun 1960 pada usia 93 . Selama hidupnya ia menulis lebih dari 1200 puisi , sebagian besar yang tak pernah akan mendengar .

Setelah datang kepada Kristus pada usia 27 , Thomas menemukan kenyamanan besar dalam Alkitab , dan dalam kenyataan bahwa Tuhan setia menjadi kekuatannya dalam waktu sakit dan menyediakan kebutuhannya . Ratapan 3:22-23 adalah salah satu tulisan suci favoritnya : " Ini adalah kemurahan Tuhan bahwa kita tidak dikonsumsi , karena rahmat-Nya tidak gagal . Mereka selalu baru tiap pagi : hebat adalah kesetiaan -Mu " .

Saat dalam tugas pelayanan, Thomas sering menulis kepada salah satu teman baiknya di  Hope Publishing Company, yaitu William Runyan , seorang musisi relatif tidak dikenal . Beberapa puisi dipertukarkan dalam surat-surat ini . Runyan menemukan salah satu puisi Williams yang sangat menarik karena mengungkapkan kesetian Allah. sehingga ia memutuskan untuk membuat arasemen music untuk menemani lirikyang kemudian diterbitkan pada tahun 1923 .

Selama beberapa tahun , himne kurang mendapat pengakuan , sampai lagu ini ditemukan oleh seorang profesor Moody Bible Institute yang sangat menyukainya  dan minta itu dinyanyikan begitu sering di layanan kapel ,  lagu menjadi lagu tema resmi dari perguruan tinggi.  Lagu ini dengan cepat menjadi favorit Moody Bible Institute, bahkan Sekarang ini dikenal di seluruh dunia dan telah digunakan untuk mendorong jutaan orang Kristen untuk percaya pada Allah yang setia .

Buah rohani yang cukup mengesankan dari seorang agen asuransi jiwa .

Ketika Chisholm adalah 75 , ia menulis dalam sebuah surat :

" Penghasilan saya tidak besar karena gangguan kesehatan pada tahun-tahun sebelumnya yang telah menyerang saya hingga saat ini. Meskipun begitu saya tidak boleh gagal untuk merekam kesetiaan yang tidak putus-putusnya dari Allah yang selalu menepati janjinya  dan bahwa Dia telah menunjukan banyak hal yang menakjubkan dan  pemeliharaan-Nya, yang membuat saya dipenuhi dengan rasa syukur yang menakjubkan. "

Himne ini memiliki tiga ayat :

Ayat 1 berbicara tentang kesetiaan Allah yang dinyatakan dalam Firman-Nya , dan diadaptasi dari Yakobus 1:17 : Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna dari atas , turun dari Bapa segala terang -Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran .

Ayat 2 menjelaskan kepada kita tentang kesetiaan Allah terungkap dalam penciptaan . Musim , matahari, bulan , dan bintang semua melanjutkan program mereka dengan sempurna , tertib , tenang - dibimbing oleh tangan Allah yang setia , tanpa bantuan dari kami .

Ayat 3 mengingatkan kita tentang kesetiaan Allah terungkap dalam kehidupan kita . Dia pengampunan segala dosa kita , mengisi kita dengan kedamaian , menjamin kehadirannya , memberi kita kekuatan , harapan , dan berkah untuk banyak untuk dihitung !

Tantangan Apapun , cobaan , atau kekecewaan yang mungkin Anda hadapi sekarang , lagu ini mengingatkan kita bahwa janji Allah adalah benar , bahwa ia tidak pernah berubah , bahwa rahmat-Nya tidak pernah gagal , dan bahwa kesetiaannya kepada kita dalam Kristus Yesus lebih dari yang baik - itu

Allah tidak membutuhkan orang yang sangat berbakat atau terkenal untuk mewartakan kebenaran-kebenaran dari Firman-Nya . HANYA ORANG YANG SETIA .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar