Rabu, 02 Oktober 2013

MAJU LASKAR KRISTUS

NKI No.136 Maju Laskar Kristus

Maju Laskar Kristus lawan Kuasa g’lap

Ikut salib Yesus sungguh dan tetap

Rajamu sendiri paling di depan

Maju dan iringi panji cemerlang

 

Koor :    maju lascar kristus lawan kuasa g’lap

Ikut Salib Yesus sungguh dan tetap

 

Dan serta melihat panji penebus

Kuasa Iblis mundur di kalahkan t’rus

Goncanglah neraka kar’na mendengar

Sorak soraianmu nyaring menggegar

 

Bagai lascar ampuh G’reja maju t’rus

Di jejak Berjaya saksi yang kudus

Kita satu tubuh yang kudus dan am

Satu pengharapan satu pun iman

 

Kuasa duniawi timbul tenggelam

Tapi G’reja Kristus takkan terbenam

Alam maut tak sanggup menjatuhkannya

Kristus memenuhi isi janjiNya

 

 

Siapa sangka kalo lagu “Maju Laskar Kristus” adalah untuk lagu anak-anak.

Sabine Baring-Gould lahir Januari 28,1834 di Exeter, Inggris. Dia adalah anak yang cemerlang dan Cerdas. Dia bersekolah  di Jerman dan Perancis.  Dia kemudian melanjutkan ke Clare College di Cambridge, Inggris. Dia belajar enam bahasa, memasuki pelayanan pada usia tiga puluh, dan menggembalakan di Yorkshire, Essex, dan Devonshire.  S. Baring-Gould hidup sampai 90 tahun. Dia adalah orang yang sangat sibuk menulis lebih dari 100 buku. Banyak yang bersifat religius, ia juga menulis novel tiga puluh, dan enam belas volume buku berjudul "Lives of the Saints." Karya-karyanya meliputi beberapa topik termasuk, teologi, cerita rakyat, komentar sosial, wisata dan sejarah. Dia bukan hanya seorang penulis tapi dia juga seorang arkeolog, arsitek, seniman, guru, dan kolektor lagu-lagu rakyat Inggris.

 

s. Sabine Baring-Gould, melayani sebuah gereja desa di Orbury St Peter Church dekat Wakefield, Yorkshire Inggris, pada satu malam di tahun 1865, Dia menulis sebuah lagu untuk anak-anak yang akan di pakai dalam "Festival Whitmonday" festifal ini adalah festifal berjalan-jalan dari desa ke desa. Berjalan adalah menjadi salah satu hal yang menyenangkan pada saat itu karena, melalui jalan raya, padang rumput hijau Inggris masa. lalu, S. Sabine Baring-Gould berpikir, "Kalau saja kita punya sebuah himne untuk berbaris ke, itu akan membuat perjalanan lebih menyenangkan untuk anak-anak". Dia tidak menemukan sebuah himne yang ia rasakan adalah tepat, sehingga ia memutuskan untuk menulis satu sendiri. Dia duduk sepanjang malam menulis himne sementara anak-anak sedang tidur.

 

Lagu ini dinyanyikan oleh anak-anak saat "Festival Whitmonday" dan meskipun hanya sebentar saja belajar lagu ini anak-anak sangat bersemangat menyanyikan lagi ini dan penuh dengan sorak sorai.   Beberapa saat kemudian lagi ini di arrestment oleh Arthur Sulliviant seorang musisi yang mendapatkan penghargaan dari ratu Victoria pada tahun 1883.

lagu ini sangat populer sehingga lagu itu dinyanyikan pada “Sixth World's Sunday School Convention” yang diadakan di Washington, DC pada Mei 1910. Telah dirancang secara khusus untuk dinyanyikan di Sekolah Minggu di seluruh dunia pada Minggu, 22 Mei, 1910.

 

MAJU LASKAR KRISTUS

SUMBER :

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Onward,_Christian_Soldiers

2. http://www.cyberhymnal.org/htm/o/n/onwardcs.htm

3. http://www.gaffneyledger.com/news/2008-05-02/columns/054.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar